Senin, 28 Agustus 2017

Cara Mengamankan Jaringan WiFi Dengan MAC Filter

Cara Mengamankan Jaringan WiFi Dengan MAC Filter - Dengan adanya jaringan wifi, tentu saja sangat memudahkan kita untuk mendapatkan akses internet, karena jaringan wifi menggunakan teknologi wireless (nirkabel) atau biasa disebut dengan jaringan tanpa kabel, sehingga kita sebagai user akan lebih fleksibel karena dapat terhubung ke jaringan dimanapun dan kapanpun selama di area tersebut tersedia sinyal wifi.

Selain lebih fleksibel, jaringan wifi juga tidak terpaku dengan yang namanya kabel UTP, kita ambil contoh, misalnya saja disebuah kantor terdapat 50 unit PC dan Laptop, tanpa adanya jaringan wifi tentu memakan biaya lebih untuk penarikan kabel UTP dari Switch ke masing-masing PC/Laptop.

Bisa sobat bayangkan sendiri berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan. Nah, dengan adanya jaringan wifi kita tidak perlu susah payah melakukan penarikan kabel UTP ke masing-masing PC/Laptop sehingga selain lebih murah juga lebih efisien.

Namun dibalik kemudahan dan kelebihan tersebut ternyata jaringan wifi lebih rentan dari serangan h4ck3r / cr4ck3r, ini dikarenakan jaringan wifi akan mem-broadcast SSID sehingga setiap user yang masih dalam area jangakauan sinyal wifi masih bisa terkoneksi.

Celah inilah yang biasanya dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk membobol password wifi dengan berbagai cara, kalau wifi kita sudah berhasil dibobol tentu saja sangat mengganggu karena kecepatan akses internet kita akan berkurang, dan tagihan bulanan akan membengkak.

Untuk mengatasi hal tersebut, sebetulnya ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengamankan jaringan wifi kita. Namun pada kesempatan kali ini saya hanya akan fokus membahas tutorial Cara Mengamankan Jaringan WiFi Dengan MAC Filter pada modem ADSL TP-LINK TD-W8951ND.

Modem ini biasanya didapatkan ketika kita berlangganan internet dari Telk*m speedy, semua jenis modem ADSL maupun router wifi umunya sudah dilengkapi dengan fitur MAC Filter yang dapat kita konfigurasi sebagai langkah preventif untuk mengamankan jaringan wifi.


Fungsi MAC Address Filtering


Fungsi dari MAC Address Filtering adalah untuk melakukan pemblokiran akses terhadap device user baik itu PC, Laptop, Tablet maupun Smartphone berdasarkan MAC Address.

MAC Address (Media Access Control Address) merupakan alamat fisik pada sebuah network interface card (NIC) yang diimplementasikan pada layer data-link dalam tujuh lapisan OSI Layer, MAC Address bersifat unik yang berarti device satu dengan yang lainnya tidak sama.

Kenapa Harus Blokir MAC Address ?


Pertanyaan seperti ini mungkin saja muncul dibenak sobat, kenapa sih harus pakai MAC Address filtering untuk memblok akses atau koneksi sebuah device ? kenapa kita tidak memakai IP address saja ? jawabannya adalah karena MAC Address merupakan alamat fisik pada sebuah NIC yang tidak akan pernah berubah, sedangkan IP address bisa saja berubah sehingga apabila user tersebut mengubah konfigurasi IP address nya maka user tersebut tidak akan terblok.

Cara Mengamankan Jaringan WiFI dengan MAC Filter


Dengan fitur MAC Address filtering yang tersedia baik pada Modem, Router, maupun Access Point kita bisa menentukan apakah sebuah MAC Address akan kita ijinkan untuk terhubung kedalam jaringan atau kita drop.

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, pada tutorial kali ini saya menggunakan modem ADSL TP-LINK TD-W8951ND sebagai bahan study kasus nya.


Untuk melakukan konfigurasi nya silahkan buka web browser, kemudian ketikkan default IP nya pada URL bar browser, untuk modem ADSL TP-LINK TD-W8951ND default IP nya 192.168.1.1 apabila belum diubah.

Masukkan username dan password yang sesuai, defaultnya username admin password admin, kemudian klik menu Interface Setup ~> Wireless scroll kebawah pada bagian Wireless MAC Address Filter klik Activated untuk mengaktifkan fitur MAC Address Filter nya.

Terdapat 2 Action mode pada pada fitur MAC Address Filter nya, yaitu Deny Association dan Allow Association, apa perbedaanya ?

  • Deny Association, adalah action mode yang berfungsi untuk memblokir setiap MAC Address yang sobat input pada kolom yang tersedia, sehingga setiap MAC Address yang sobat input tidak akan bisa terkoneksi ke jaringan karena MAC Address nya sudah di drop.
  • Allow Association, adalah action mode kebalikan dari Deny Association, action mode ini berfungsi untuk mengijinkan setiap MAC Address yang diinput pada kolom tersebut dan mendrop semua MAC Address yang tidak terdaftar.

Sebaiknya action mode mana yang harus saya pilih ? silahkan sesuaikan dengan kebutuhan saja sob, berikut contoh konfigurasi MAC Filter dengan action mode Deny Association dan Allow Association.

MAC Address Filter dengan action mode Deny Association.

Cara Mengamankan Jaringan WiFi Dengan MAC Filter


MAC Address Filter dengan action mode Allow Association.

Cara Mengamankan Jaringan WiFi Dengan MAC Filter

Apabila MAC Address target sudah diinput selanjutnya tinggal klik tombol SAVE untuk menyimpan konfigurasi nya, dengan begitu sobat sudah berhasil mengkonfigurasi MAC Address Filtering pada modem ADSL TP-LINK TD-W8951ND.

Dari kedua action mode tersebut untuk hasil maksimal saya sarankan sebaiknya sobat memilih action mode Allow Association saja.

Karena dengan action mode tersebut Modem hanya akan mengijinkan koneksi yang berasal dari MAC Address yang sudah terdaftar saja. Sehingga MAC Address yang belum terdaftar tidak akan berhasil terkoneksi ke wifi meskipun password yang dimasukkan sudah benar.

Selain itu, dengan action mode Allow Association, sobat juga tidak perlu repot-repot mencari tahu MAC Address target dan menginputnya. 

Gimana, mudah bukan ? selamat mencoba dan semoga bermanfaat 😊


0 komentar