Sabtu, 15 Juli 2017

Tutorial Cara Setting Range Extender TP-LINK TL-WA850RE

Tutorial Cara Setting Range Extender TP-LINK TL-WA850RE - Pada kesempatan kali ini saya akan memposting tutorial cara setup range extender TP-LINK TL-WA850RE, bagi sobat yang sudah sering berkecimpung di dunia per-wifi-an saya yakin sudah tidak asing lagi dengan perangkat range extender yang biasa digunakan untuk memperluas jangkauan sinyal wifi.

Bagi sobat yang masih bingung dengan jenis perangkat network yang satu ini silahkan baca postingan saya sebelumnya dengan cara meng-klik tautan berikut.


Disana saya sudah menjelaskan apa itu range extender, fungsi range extender dan juga cara meng-implementasikan range extender pada jaringan LAN.

Apabila sobat hendak membeli perangkat range extender ini, sobat bisa mendapatkan nya dengan harga sekitar Rp. 265.000,- di toko online, untuk spesifikasi lengkap nya sobat bisa mengunjungi website TP-LINK atau klik DISINI.


Tutorial Cara Setup Range Extender TP-LINK TL-WA850RE


Untuk men-setup range extender ini sobat perlu mengkoneksikan nya ke laptop menggunakan kabel UTP, kemudian setup IP address di laptop sobat dengan parameter sebagai berikut :
IP address : 192.168.0.1
Netmask : 255.255.255.0
Gateway : 192.168.0.254
Kalau sudah silahkan buka web browser kesayangan sobat (mozilla firefox, chrome) kemudian ketikkan IP 192.168.0.254 pada URL bar browser.

Ketikkan username dan password admin untuk login ke halaman konfigurasi range extender-nya. Setelah login maka akan muncul halaman seperti gambar dibawah ini.

Klik Next untuk melanjutkan.

Tutorial Cara Setting Range Extender TP-LINK TL-WA850RE

Disini sobat bisa mengubah Region range extender-nya, secara default Region nya akan di set ke Indonesia, kemudian klik tombol Next untuk melanjutkan.

Menentukan Region wifi pada range extender

Setelah meng-klik tombol Next seperti gambar diatas maka range extender yang sobat setup akan mulai men-discovery jaringan wifi yang ada disekitar. Tunggu sampai proses discovery selesai sampai 100%.

Range extender sedang proses discovery / scanning

Setelah proses scanning / discovery selesai sampai 100% maka secara otomatis range extender akan mendeteksi SSID Wi-Fi yang ada disekitar, silahkan select SSID mana saja yang akan sobat perkuat jangkauan sinyal wifi nya menggunakan range extender. Klik tombol Next lagi.

Tutorial Cara Setting Range Extender TP-LINK TL-WA850RE

Isi password wifi yang sobat dapatkan dari router utama pada kolom Fill in the WiFi Password of your Main Router/AP.

Selain itu, sobat juga bisa menentukan apakah SSID yang akan dipancarkan oleh range extender ini sama dengan Router/AP utama atau tidak. Lihat gambar dibawah !

Kalau sudah klik tombol Next untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

Tutorial Cara Setting Range Extender TP-LINK TL-WA850RE

Kalau proses konfigurasi sudah selesai, pada halaman Review Settings akan terlihat informasi seperti dibawah.

Klik tombol Finish untuk menyelesaikan proses konfigurasi.

Tutorial Cara Setting Range Extender TP-LINK TL-WA850RE

Selesai, silahkan koneksikan device sobat (Laptop, Smartphone, Tablet) ke range extender yang baru saja selesai di setup.
Sedikit tips, pastikan range extender ditempatkan ditempat yang strategis agar range extender bisa menangkap sinyal wifi dari AP / Router utama dengan baik.

Kalau tidak, maka impact nya adalah ketika sobat terkoneksi ke range extender koneksi tidak stabil dan cenderung putus-putus.

Semoga bermanfaat.

0 komentar