Sabtu, 04 Februari 2017

Kelebihan dan Kekurangan Jaringan Wireless

Kelebihan dan Kekurangan Jaringan Wireless - Wireless merupakan salah satu teknologi media transmisi jaringan yang cukup handal, teknologi ini memanfaatkan gelombang radio sebagai media transmisi nya, wireless juga dikenal sebagai koneksi tanpa kabel atau nirkabel, dalam dunia networking wireless sangat berperan penting karena merupakan salah satu media transmisi yang berguna untuk menghantarkan data atau koneksi internet dari access point menuju station client ataupun dari access point ke end user (HP, Laptop, Tablet).

Teknologi wireless yang diketahui oleh orang secara umum mungkin hanya Wi-Fi, anggapan tersebut tidak sepenuhnya salah tapi sebetulnya teknologi wireless banyak digunakan sebagai media transmisi jaringan internet berupa antena radio yang digunakan untuk menghubungkan dua tempat yang berbeda, sebagai media transmisi jaringan kalau kita lihat dari segi kemampuan nya maka teknologi wireless dibedakan menjadi 2 (dua) yaitu Point to Point (PTP) dan Point to Multi Point (PTMP).

Baca juga : Perbedaan Wireless Router dan Access Point

Perbedaan Point to Point (PTP) dan Point to Multi Point (PTMP) beserta penjelasannya akan saya bahas di artikel berikutnya agar sobat bisa memahami secara detail perbedaan antara kedua nya, di artikel ini saya hanya akan membahas kelebihan dan kekurangan jaringan wireless secara umum nya saja.

Kelebihan dan Kekurangan Jaringan Wireless

Kelebihan dan Kekurangan Jaringan Wireless


Dalam dunia networking teknologi apapun yang kita gunakan tentu saja ada kekurangan dan kelebihan nya, begitu juga dengan jaringan wireless. Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan nya ? berikut kelebihan dan kekurangan jaringan wireless menurut sepengetahuan penulis.

Kelebihan Jaringan Wireless


1. Kemudahan installasi

Jaringan wireless lebih mudah dalam proses installasi dibandingkan media kabel, memang pada praktik nya ketika proses installasi jaringan wireless tidak bisa terlepas dari media kabel UTP tapi jaringan berbasis wireless tidak membutuhkan penggunaan kabel UTP yang banyak sehingga proses installasi dapat dikerjakan lebih mudah dan hemat waktu.

2. Mobilitas

Ya, dengan jaringan wireless akan sangat mendukung mobilitas user yang sedang terkoneksi, user bisa berpindah pindah tempat dimana saja selama masih dalam area coverage nya.

3. Fleksibel dalam penempatan

Apabila ada area yang belum tercover oleh signal wifi, sobat bisa menginstall atau menambahkan access point baru diarea tersebut atau kalau mau lebih simple sobat bisa menggunakan repeater atau range extender.

4. Bisa menghantarkan data dengan kecepatan tinggi

Dulu, kemampuan jaringan wireless untuk menghantarkan data sangat kecil sekali, tetapi seiring berkembangnya teknologi yang diterapkan pada perangkat wireless, sekarang perangkat jaringan wireless  memiliki kemampuan yang bisa menghantarkan data dengan kecepatan tinggi.

5. Biaya murah

Bayangkan jika sobat ingin menghubungkan dua tempat yang berbeda dengan jarak berkilo-kilo meter berapa biaya yang dibutuhkan untuk menarik kabel agar kedua tempat tersebut bisa saling terhubung ? dengan adanya teknologi wireless, sobat hanya perlu memasang antena radio wireless di kedua tempat tersebut yang berfungsi sebagai Access Point dan Station dan kedua tempat tersebut sudah bisa saling terhubung.

6. Jangkauan yang luas

Dengan teknologi wireless memungkinkan area yang tercover signal Wi-Fi sangat luas bahkan ditempat tempat yang tidak memungkinkan di lakukan installasi kabel sekalipun.


Kekurangan Jaringan Wireless


Penggunaan jaringan wireless selain memiliki kelebihan tentu saja ada kekurangan nya, apa saja kekurangan jaringan berbasis wireless ? berikut kekurangan penggunaan jaringan berbasis wireless :

1. Harga perangkat wireless tergolong mahal

Untuk saat ini perangkat access point dan radio wireless yang memiliki coverage atau jangakauan luas masih dijual dengan harga yang tinggi, meskipun biaya installasi nya murah tapi harga dari perangkat access point dan radio wireless nya masih tergolong mahal sehingga akan jadi pertimbangan bagi yang akan memasang jaringan wireless ini.

2. Kestabilan jaringan tergantung tingkat interferensi dan hambatan

Banyaknya hambatan di suatu area coverage wifi tentu akan berpengaruh terhadap pancaran sinyal wifi itu sendiri, sehingga semakin banyak nya hambatan maka cakupan sinyal wifi akan semakin lemah. Selain hambatan, tingkat interferensi juga akan mempengaruhi kualitas koneksi jaringan berbasis wireless ini, semakin banyak interferensi maka kestabilan jaringan akan semakin menurun.

3. Kestabilan dan kekuatan sinyal tergantung kondisi cuaca

Karena proses transmisi menggunakan gelombang radio melalui udara dan kasat mata, tentu saja perubahan cuaca akan mempengaruhi kualitas koneksi pada jaringan wireless, sehingga ketika terjadi hujan sinyal wifi pada jaringan wireless outdoor akan melemah dan tidak stabil.

4. Kualitas koneksi tidak sebaik menggunakan kabel

Ping time dari device user ke gateway tidak se-stabil menggunakan kabel, ini dipengaruhi karena koneksi berbasis wireless atau wifi menggunakan gelombang radio sebagai media transmisi nya dan gelombang radio sangat rentan sekali interferensi. Memang apa pengaruh nya ping time dari device user ke gateway tidak stabil ? tentu saja akan berpengaruh ke kualitas koneksi internet nya.

5. Keamanan jaringan wireless sangat rentan

Tidak seperti media kabel yang menghubungkan jaringan dari Switch/HUB/Router ke PC atau laptop user secara langsung, penggunaan jaringan wireless SSID akan di broadcast sehingga ada kemungkinan koneksi di sniffing oleh attacker yang tidak bertanggung jawab untuk mengetahui informasi password wifi dan lain-lain. Untuk itu diperlukan proteksi yang kuat agar jaringan wireless bisa lebih aman.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan penggunaan jaringan wireless yang perlu sobat ketahui sebagai pertimbangan sebelum memutuskan menggunakan jaringan wireless ini. Semoga bermanfaat.

Baca juga sob :
Cara Menghilangkan SSID @wifi.id di Modem Telkom Speedy
5 Hal Dasar Yang Harus Diketahui Sebelum Belajar Jaringan

0 komentar