Rabu, 25 Januari 2017

Fungsi Perintah Ipconfig pada CMD

Ipconfig adalah tool diagnostic pada CMD (command prompt) yang bisa digunakan untuk menampilkan informasi IP address pada network adapter, dengan perintah ipconfig kita bisa melihat informasi IP address, Netmask, Gateway, Hostname bahkan lamanya waktu sewa IP (lease time IP address) pada network adapter yang terpasang di PC/Laptop.

Fungsi Perintah Ipconfig pada CMD


Fungsi perintah ipconfig


Apa yang bisa ditampilkan dengan perintah ipconfig ? Ketika kita mengetikkan perintah ipconfig pada command prompt, maka ada beberapa informasi yang akan di tampilkan pada jendela command prompt, yaitu :
  1. Melihat informasi hostname
  2. Melihat informasi MAC Address dari network adapter yang digunakan
  3. Melihat informasi IP address, Netmask dan Gateway
  4. Melihat informasi DNS Server yang dipakai
  5. Melihat informasi status IP address apakah konfigurasi IP address nya di set DHCP atau Static IP
  6. Melihat informasi waktu sewa IP address (lease time IP address), dan lain-lain

Jenis - Jenis Perintah Ipconfig dan Fungsinya


Perintah ipconfig memiliki beberapa opsi tambahan yang sangat berguna untuk mendiagnosa atau troubleshoot problem yang terjadi pada jaringan, berikut opsi tambahan yang bisa kita gunakan :

ipconfig

Perintah ipconfig digunakan untuk menampilkan informasi berupa IP address, Netmask dan Default gateway saja, output dari perintah ipconfig sangat terbatas karena tidak bisa menampilkan informasi selain yang sudah saya sebutkan diatas.

ipconfig/all

Perintah ini sama dengan perintah ipconfig pada poin pertama, hanya saja output yang ditampilkan jauh lebih banyak dan lengkap karena dengan mengetikkan perintah ipconfig/all selain kita bisa melihat informasi IP address, Netmask, Gateway dan DNS. Kita juga bisa menampilkan informasi hostname, status konfigurasi IP address dan lease time.

ipconfig/release

Perintah ipconfig/release digunakan untuk me-release atau melepaskan konfigurasi IP DHCP yang didapat oleh network adapter, ketika kita mengetikkan perintah ini maka koneksi internet di PC/Laptop kita akan terputus.

ipconfig/renew

Perintah ini merupakan kebalikan dari perintah ipconfig/release, ketika mengetikkan perintah ipconfig/release maka koneksi internet akan terputus karena konfigurasi IP DHCP yang didapatkan akan dilepaskan, nah untuk mengembalikan konfigurasi IP DHCP nya maka kita bisa menggunakan perintah ipconfig/renew.

ipconfig/flushdns

Ketika komputer kita terhubung ke internet maka komputer yang kita gunakan akan menyimpan cache DNS dari situs-situs yang pernah di kunjungi dengan tujuan agar komputer kita bisa lebih cepat me-reload halaman situs/website tersebut kalau kita mengunjungi nya lagi di kemudian hari. Masalah akan muncul apabila IP address dari sebuah situs/website berubah sebelum cache pada komputer kita di update, ini akan menyebabkan kita tidak bisa me-reload halaman situs tersebut, untuk mengatasi nya sobat bisa mengetikkan perintah ipconfig/flushdns ini di command prompt untuk mengupdate cache DNS yang tersimpan di komputer.

ipconfig/displaydns

Perintah ini bisa sobat ketikkan di command prompt untuk menampilkan informasi cache DNS yang sudah berhasil di simpan oleh komputer ketika browsing atau mengakses situs-situs website di internet.

ipconfig/registerdns

Perintah ipconfig/registerdns digunakan untuk memperbarui semua cache DNS yang sudah tersimpan di komputer.

Itulah beberapa opsi dari perintah ipconfig yang sangat berguna untuk troubleshoot apabila ada host pada sebuah jaringan yang tidak bisa terkoneksi ke internet, semoga bermanfaat.

Baca juga sob :

0 komentar