Senin, 23 Januari 2017

Cara Menghilangkan SSID @wifi.id di Modem Telkom Speedy

Kalau sobat berlanganan internet dari Telkom Speedy pasti sobat akan mendapatkan satu buah modem ADSL yang juga bisa berfungsi sebagai router wifi agar sobat bisa mengakses internet melalui wifi. Modem yang akan sobat dapatkan biasanya yaitu modem ADSL merk TP-LINK TD-W8951ND yang sudah di custom dengan firmware khusus Telkom dan bukan menggunakan firmware TP-LINK lagi.

Ketika sobat mengaktifkan wifi di modem tersebut maka akan muncul 2 SSID yaitu SSID yang sobat buat sendiri dan juga SSID yang akan muncul secara otomatis yaitu Speedy Instan@wifi.id, SSID tersebut sudah di inject oleh pihak telkom dengan tujuan agar setiap pelanggan telkom yang membeli voucher wifi.id bisa terkoneksi internet dengan memanfaatkan SSID yang muncul dari modem kita.

Kehadiran SSID tersebut tentunya akan mempengaruhi kinerja modem kita karena pelanggan wifi.id mengambil bandwidth internet dari modem yang kita pakai, selain mempengaruhi kecepatan koneksi internet, juga sedikit menganggu menurut saya. Kalau sobat ingin menghilangkan SSID Speedy Instan@wifi.id dari modem yang sobat gunakan silahkan ikuti tutorial ini.

SSID Speedy Instan@wifi.id yang muncul secara otomatis dari modem tidak bisa kita hilangkan melalui konfigurasi via web browser karena memang tidak ada konfigurasi untuk menghilangkan nya, tapi jangan kuatir karena ada cara lain untuk menghilangkan SSID tersebut.


Cara Menghilangkan SSID @wifi.id di Modem Telkom Speedy


Langkah pertama, akses IP modem via Telnet bisa menggunakan Telnet Client di CMD windows (kalau Telnet Client nya sudah di aktifkan), menggunakan PuTTY, SecureCRT atau menggunakan Terminal kalau sobat pengguna OS berbasis GNU/Linux.

Baca juga : Cara Mengaktifkan Telnet Client di Windows 7

Secara default IP modem biasanya 192.168.1.1, tapi karena modem saya IP nya sudah diubah maka di tutorial ini saya mengakses IP modem 192.168.11.10 via Telnet, setelah berhasil diakses via Telnet selanjutnya ketikkan password "admin" tanpa tanda petik lalu tekan Enter.

Cara Menghilangkan SSID @wifi.id di Modem Telkom Speedy

Setelah berhasil login, ketikan perintah rt setbssidnum 1 kemudian tekan Enter, kalau setelah mengetikkan perintah tersebut muncul seperti gambar dibawah ini tunggu sampai modem restart sendiri.

Cara Menghilangkan SSID @wifi.id di Modem Telkom Speedy

Kalau modem sudah selesai restart, sekarang silahkan sobat scan lagi untuk memastikan apakah SSID Speedy Instan@wifi.id sudah hilang atau belum. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, Oh ya, kalau tutorial ini berhasil silahkan beritahu saya di kolom komentar dan kalau tutorial ini bermanfaat jangan lupa di share ke teman-teman sobat.

Baca juga sob :
10 Aplikasi Android Untuk Keperluan Networking
Jenis - Jenis Port Pada Jaringan Komputer dan Fungsinya

0 komentar