Kamis, 26 Januari 2017

Cara Mengatasi Unidentified Network Pada Windows 7

Cara Mengatasi Unidentified Network Pada Windows 7 - Banyak sekali faktor yang menyebabkan sebuah komputer PC ataupun Laptop tidak bisa terkoneksi ke jaringan (internet),  bisa disebabkan karena kabel LAN yang di pakai ada yang terputus, konektor kabel yang sudah berkarat, NIC nya rusak bahkan komputer tidak bisa terkoneksi ke jaringan dikarenakan konfigurasi IP yang salah ataupun tidak mendapatkan IP DHCP dari router.

Setiap problem yang menyebabkan komputer tersebut tidak bisa terkoneksi ke jaringan tentu saja proses troubleshooting nya berbeda-beda, tapi bagaimana kalau problem nya karena muncul pesan "Unidentified Network" ? bagaimana cara memperbaiki nya ? 

Penyebab Terjadinya Unidentified Network


Unidentified Network adalah sebuah kondisi dimana komputer tidak berhasil mendapatkan IP DHCP (Automatic IP) dari router  sehingga komputer tersebut tidak bisa berkomunikasi dengan host lain di dalam jaringan dan tentu saja tidak bisa berkomunikasi dengan router gateway, berikut akan saya jelaskan step by step cara troubleshoot apabila komputer sobat mengalami problem seperti ini.


Cara Mengatasi Unidentified Network 


Untuk mengatasi problem seperti ini ada beberapa cara yang bisa sobat lakukan agar komputer bisa terkoneksi ke jaringan, step pertama yaitu :


Klik tombol Start, kemudian ketik CMD di kolom pencarian, klik kanan CMD dan pilih Run as administrator, kalau jendela command prompt sudah terbuka silahkan ketikkan perintah :
ipconfig/release [ENTER]
ipconfig/renew [ENTER]
Ketika mengetikkan perintah ipconfig/release seperti diatas berarti kita memaksa komputer untuk melepaskan konfigurasi IP address yang sudah terpasang pada network adapter kemudian ipconfig/renew digunakan untuk mendapatkan kembali konfigurasi IP address yang baru.

Dengan mengetikkan perintah tersebut seharusnya komputer sobat sudah bisa mendapatkan konfigurasi IP DHCP dari router dan tentunya bisa terkoneksi ke jaringan internet, tapi pada beberapa kasus ketika kita mengetikkan kedua perintah di atas maka akan muncul pesan an error occurred while releasing interface wifi the system cannot find the file specified, bagaimana cara mengatasinya ?

Masih di jendela command prompt, apabila muncul pesan error occurred while releasing interface wifi the system cannot find the file specified ketika sobat mengetikkan perintah ipconfig/release dan ipconfig/renew, sobat bisa memperbaiki nya dengan mengetikkan perintah berikut di jendela command prompt :
  1. Ketik netsh winsock reset kemudian tekan Enter
  2. Ketik netsh int ip reset kemudian tekan Enter
  3. Ketik ipconfig/release kemudian tekan Enter
  4. Ketik ipconfig/renew kemudian tekan Enter
  5. Ketik ipconfig/flushdns kemudian tekan Enter

Kalau semua perintah diatas sudah dijalankan silahkan restart komputer sobat, sampai tahap ini seharusnya komputer sobat sudah bisa terkoneksi ke jaringan, gan kalo udah pake cara diatas tapi komputer ane masih tetep gak mau dapet IP gimana dong ? 

Silahkan ubah konfigurasi IP address pada komputer sobat menjadi Static IP, gimana caranya ? Klik kanan icon komputer atau icon wifi pada taskbar kemudian : 
  1. Pilih Open Network and Sharing Center 
  2. Pilih Change adapter settings 
  3. Klik kanan Local Area Connection / Wireless Network Connection (tergantung apakah interface LAN atau interface Wi-Fi yang akan di static) 
  4. Pilih Properties > double klik Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)

Kemudian sobat isikan konfigurasi IP address seperti contoh pada gambar dibawah ini.

Cara Mengatasi Unidentified Network Pada Windows 7

Kalau sudah klik OK untuk menyimpan perubahan konfigurasi IP address, sekarang sobat coba test koneksi dengan mengetikkan perintah PING ke IP Gateway di jendela command prompt, kalau hasilnya seperti gambar dibawah berarti konfigurasi nya berjalan dengan baik dan komputer sobat sudah bisa terkoneksi ke jaringan.

Cara Mengatasi Unidentified Network Pada Windows 7

Semoga tutorial sederhana ini bisa bermanfaat dan bisa membantu memecahkan trouble yang terjadi pada jaringan sobat, terimakasih.

0 komentar