Rabu, 25 Januari 2017

Cara Mengaktifkan Telnet Client di Windows 7

Telnet (Telecommunication network) adalah sebuah protokol pada jaringan baik jaringan Local Area Network maupun Internet yang berfungsi untuk remote login berbasis teks dengan interaksi 2 arah yang menggunakan koneksi virtual terminal. Tidak seperti Windows XP dan Windows Vista, di OS Windows 7 belum terinstall telnet client secara default sehingga untuk menggunakan telnet client kita harus menggunakan software telnet client pihak ketiga.

Tapi kalau tidak mau menginstall software telnet client pihak ketiga sobat bisa mengaktifkan telnet client bawaan windows 7 agar bisa melakukan remote telnet langsung dari command prompt, bagaimana caranya ? silahkan simak tutorial nya sampai selesai ya sob.


Cara mengaktifkan Telnet Client Windows 7 dari Control Panel


Sebetulnya ada 2 cara untuk mengaktifkan service telnet client di windows 7, bisa mengaktifkan nya melalui control panel dan bisa juga mengetikkan baris perintah di command prompt, di tutorial ini akan saya bahas cara mengaktifkan service telnet client menggunakan 2 metode tersebut. Untuk mengaktifkan service telnet melalui control panel sobat bisa praktekkan cara berikut ini.

Pertama, sobat klik icon Start > Control Panel seperti gambar dibawah.

Cara Mengaktifkan Telnet Client di Windows 7


Setelah klik Control Panel, maka akan tampil jendela Control Panel seperti gambar dibawah, silahkan klik pada Uninstall a program seperti yang sudah saya beri tanda warna merah.

Cara Mengaktifkan Telnet Client di Windows 7


Selanjutnya klik Turn Windows features on or of dan secara otomatis jendela Windows Features akan terbuka.

Cara Mengaktifkan Telnet Client di Windows 7


Kemudian centang opsi Telnet Client dan klik OK, tunggu beberapa menit sampai proses pengaktifan nya selesai.


Cara Mengaktifkan Telnet Client di Windows 7


Cara Mengaktifkan Telnet Client Windows 7 dari CMD


Kalau sobat lebih suka menggunakan baris perintah melalui CMD, sobat bisa menggunakan cara ini untuk mengaktifkan service telnet client di Windows 7 melalui command prompt, kelebihan menggunakan antarmuka baris perintah melalui CMD adalah lebih cepat dibandingkan menggunakan GUI.

Caranya, klik Start kemudian ketik CMD di kolom Search programs and files dan setelah jendela command prompt terbuka silahkan ketikkan perintah berikut :
pkgmgr/iu:"TelnetClient"
Dengan hanya mengetikkan perintah tersebut sobat sudah bisa mengaktifkan service telnet client di windows 7, untuk menggunakan service telnet client ini caranya cukup mudah, sobat hanya perlu membuka jendela CMD kemudian ketikkan perintah telnet <spasi> IP_address, contoh :
C:\Users\dodiventuraz>telnet 192.168.168.2
Cara Mengaktifkan Telnet Client di Windows 7


Mudah bukan ? semoga tutorial sederhana ini bisa membantu dan tentunya bermanfaat, selamat mencoba. Oh ya, jangan lupa tinggalkan kritik dan saran sepatah dua patah kata di kolom komentar :)

Baca juga sob :

0 komentar