Kamis, 26 Januari 2017

5 Perintah Dasar Jaringan Pada Command Prompt

5 Perintah Dasar Jaringan Pada Command Prompt - Command prompt adalah antarmuka baris perintah berbasis DOS yang ada pada system operasi windows, didalam command prompt ini terdapat banyak sekali jenis perintah yang bisa kita gunakan sesuai dengan kebutuhan, command prompt juga sangat berguna untuk kebutuhan networking karena didalam nya sudah tersedia syntax atau perintah yang bisa kita gunakan untuk mendiagnosa problem yang terjadi pada sebuah jaringan komputer.

Di artikel ini saya akan menjelaskan 5 Perintah Dasar Jaringan Pada Command Prompt yang biasa digunakan untuk keperluan konfigurasi dan diagnosa problem yang terjadi, sebetulnya masih banyak sekali perintah yang ada namun diartikel ini saya hanya akan menjelaskan 5 saja.

5 Perintah Dasar Jaringan Pada Command Prompt 


Untuk menjalankan perintah-perintah tersebut kita harus membuka jendela command prompt nya terlebih dahulu dengan cara klik icon start dan pilih CMD, setelah jendela command prompt terbuka barulah kita bisa mengetikkan perintah-perintah yang kita inginkan. Berikut penjelasan dari 5 Perintah Dasar Jaringan Pada Command Prompt yang biasa digunakan.

Ipconfig

Ipconfig adalah tool diagnostic pada CMD (command prompt) yang bisa digunakan untuk menampilkan informasi IP address pada network adapter, dengan perintah ipconfig kita bisa melihat informasi IP address, Netmask, Gateway, Hostname bahkan lamanya waktu sewa IP (lease time IP address) pada network adapter yang terpasang di PC/Laptop. Perintah ipconfig juga memiliki beberapa opsi tambahan yang sangat berguna untuk mendiagnosa atau troubleshoot problem yang terjadi pada jaringan, penjelasan lebih detail mengenai perintah Ipconfig bisa sobat baca di artikel sebelumnya yaitu tentang Fungsi Perintah Ipconfig pada CMD.

5 Perintah Dasar Jaringan Pada Command Prompt

Ping

Ping adalah perintah yang digunakan untuk melakukan test konektivitas pada jaringan, tool ini digunakan untuk mengetahui apakah sebuah komputer bisa terhubung atau belum ke komputer lain maupun ke router gateway, dengan perintah ping kita bisa melihat status koneksi, Ping time dan juga TTL (Time to Live). Contoh penggunakan ping misalnya saya ingin mengetahui komputer yang saya gunakan sudah terhubung ke internet atau belum, maka di jendela command prompt saya bisa mengetikkan ping <spasi> nama_domain, contoh :
ping dodiventuraz.net

Perintah PING pada CMD

Tracert

Tracert atau bisa juga disebut traceroute adalah tool yang digunakan untuk mengetahui rute dari sebuah packet dalam jaringan, dengan perintah tracert kita bisa melihat hop atau router mana saja yang dilewati oleh sebuah paket data ketika kita mengakses sebuah situs internet, perintah ini juga sering kali digunakan untuk proses troubleshooting apabila sebuah host komputer didalam sebuah jaringan tidak bisa mengakses webserver misalnya.

Dengan tracert kita akan mengetahui status koneksi kita ke sebuah webserver yang kita akses terputus dimana, sehingga akan memudahkan kita untuk memecahkan problem yang terjadi. Penggunaan perintah ini pada command prompt adalah dengan mengetikkan perintah tracert <spasi> nama_domain, contoh :
tracert www.dodiventuraz.net

Perintah traceroute pada CMD

Nslookup

Nslookup bisa kita gunakan apabila kita ingin mengetahui IP address dari sebuah domain, begitu juga sebaliknya untuk mengetahui domain dari sebuah IP address, nslookup seringkali digunakan untuk mendiagnosa problem jaringan yang berkaitan dengan Query DNS.

Perintah nslookup pada CMD

Netstat

Netsat merupakan perintah pada command prompt windows yang digunakan untuk menampilkan statistik dari dan ke komputer yang sedang kita gunakan, dengan perintah netstat kita bisa melihat service atau layanan pada jaringan komputer yang sedang berjalan, selain itu apa yang bisa kita lihat dengan perintah netstat ? 

Dengan perintah netstat memungkinkan kita untuk melihat nama domain dan service yang sedang diakses, melihat IP address beserta port yang sedang diakses dan juga melihat informasi program yang sedang berjalan pada jaringan.

Perintah netstat pada CMD


Berikut 5 Perintah Dasar Jaringan Pada Command Prompt  yang sering digunakan untuk keperluan konfigurasi dan troubleshooting pada jaringan, sebetulnya masih banyak perintah lain yang bisa membantu kita untuk men-diagnostic problem yang terjadi namun akan saya bahas pada kesempatan lain, semoga bermanfaat dan jangan lupa tinggalkan kritik dan saran dikolom komentar.

Baca juga sob :

0 komentar