Kamis, 24 November 2016

Tutorial Setting Range Extender Huawei WS322

Selamat siang sobat, di postingan kali ini saya akan share tutorial Cara Setting Range Extender Huawei WS322, kalau sobat ada yang bertanya apa itu range extender ? lalu apa fungsi dari range extender ? 

Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut sobat bisa membaca nya di artikel berikut ~>> Pengertian & Cara Kerja Range Extender.

Setelah membaca artikel tersebut saya berharap sobat sudah bisa memahami fungsi dan cara kerja dari perangkat wireless range extender, karena diartikel ini saya hanya akan fokus bagaimana Cara Setup Range Extender Huawei WS322 nya saja.

Untuk contoh topologi range extender yang saya setup kali ini bisa sobat lihat gambar dibawah :

Topology range extender

Cara Setup Range Extender Huawei WS322


Untuk mempermudah dalam proses konfigurasi maka lebih baik sobat siapkan kabel UTP sebagai penghubung dari laptop ke Range Extender Huawei WS322 yang akan di konfigurasi, setelah laptop dan perangkat range extender terhubung maka otomatis laptop akan mendapatkan IP DHCP dengan gateway 192.168.33.1 dan IP gateway tersebut yang akan di akses via browser.

Langkah -1, buka browser kemudian ketikkan IP 192.168.33.1 di URL bar browser, apabila muncul halaman login silahkan login dengan username dan password "admin" tanpa tanda petik.


Langkah -2, setelah berhasil login maka sobat akan dihadapkan halaman seperti gambar dibawah ini, karena Huawei WS322 akan kita setup sebagai range extender silahkan klik menu WiFi Repeater.

Pilih mode range extender

Langkah -3, di halaman ini akan ditampilkan gambaran topologi nya, klik tombol Next saja untuk melanjutkan ke tahap berikut nya

Tutorial Setting Range Extender Huawei WS322

Langkah -4, klik SCAN berwarna biru untuk men-discovery jaringan Wi-Fi di area sekitar yang sinyal nya akan kita perkuat menggunakan range extender.

Scan SSID wifi yang akan dikoneksikan dengan range extender

Langkah -5, setelah sobat meng-klik tombol SCAN seperti tahap sebelum nya, maka disini akan ditampilkan semua SSID Wi-Fi yang ada di sekitar sobat, silahkan select SSID yang akan di connect kemudian input password Wi-Fi dari Wi-Fi utama di kolom Key, terakhir klik tombol Connect.

Select SSID wifi yang akan dikoneksikan

Langkah -6, kalau sudah di connect silahkan tunggu beberapa saat sampai range extender benar-benar terhubung ke Wi-Fi utama, kalau proses pengkoneksian berhasil akan muncul halaman seperti gambar dibawah.

Tutorial Setting Range Extender Huawei WS322

Terakhir, coba sobat scan lagi SSID Wi-Fi yang tadinya lemah dari perangkat smartphone, tablet maupun laptop, dan tarraaaa ... signal Wi-Fi yang sebelumnya lemah maka akan berubah menjadi strength dan siap digunakan.

Sedikit tips, agar koneksi nya lebih stabil maka usahakan range extender ditempatkan di tempat yang strategis agar range extender bisa menerima signal Wi-Fi dari router Wi-Fi utama minimal 40%. Semoga bermanfaat.

0 komentar