Selasa, 29 November 2016

Jenis - Jenis Port Jaringan Komputer dan Fungsinya

Selamat malam, kali ini saya akan membahas mengenai Jenis - Jenis Port pada Jaringan Komputer dan Fungsinya, bagi sobat yang kebetulan adalah seorang praktisi IT mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah PORT.

Jenis - Jenis Port Jaringan Komputer dan Fungsinya

Secara umum,  pada sebuah terminology komputer port dibedakan dengan dua jenis yaitu PORT FISIK dan PORT LOGIC, sebetulnya apa sih perbedaan antara keduanya ?

Perbedaan Port Fisik & Port Logic


Port Fisik, adalah port yang terdapat pada sebuah komputer yang berfungsi untuk menghubungkan peripheral komputer, port jenis ini tentunya berbentuk fisik yang artinya bentuk dari port ini bisa terlihat dan juga bisa di pegang, mengenai port fisik ini akan saya bahas di artikel berikutnya secara lebih detail.

Port Logic, sedangkan port logic adalah port yang tidak bisa dilihat secara fisik namun port ini memiliki fungsi yang sangat vital didalam sebuah jaringan komputer dan berfungsi untuk menghubungkan setiap koneksi melalui protokol-protokol tertentu.


Port - Port yang Digunakan pada Jaringan Komputer


Didalam sebuah jaringan komputer kedua jenis port yaitu Port Fisik dan Port Logic tentu memiliki peran yang tidak bisa diabaikan, karena apabila salah satu diantara keduanya tidak ada maka sebuah jaringan komputer tidak akan bisa dibangun.

Port Fisik pada Jaringan Komputer


Port fisik yang berperan penting dalam sebuah jaringan komputer adalah port yang terdapat pada NIC (Network Interface Card) atau LAN Card, port ini berfungsi untuk menghubungkan komputer satu dengan yang lainnya melalui kabel UTP dan dilengkapi konektor RJ45, tanpa adanya port pada NIC ini maka komputer pada sebuah jaringan tidak akan bisa terhubung.

Port Logic pada Jaringan Komputer


Menurut Wikipedia port logic pada jaringan komputer adalah suatu mekanisme yang memungkinkan sebuah komputer mendukung beberapa sesi koneksi dengan komputer lainnya dan juga program di dalam jaringan. Port dapat mengidentifikasikan aplikasi dan layanan yang menggunakan koneksi di dalam jaringan TCP/IP.

Berikut adalah Jenis - Jenis Port Jaringan Komputer dan Fungsinya :

1. Port 21 

Port 21 digunakan sebagai port default dari FTP (File Transfer Protocol), sedangkan FTP sendiri merupakan sebuah protokol yang berguna untuk keperluan transfer file dari client ke server maupun sebaliknya.

2. Port 22

Port 22 digunakan untuk keperluan SSH (Secure Shell), SSH adalah sebuah protokol jaringan kriptografi untuk komunikasi data yang bersifat secure atau aman, SSH biasa nya digunakan untuk me-remote router maupun server menggunakan antar muka baris perintah yang terenksripsi.

3. Port 23

Sedangkan port 23 adalah port logic yang dipakai oleh service Telnet, fungsi Telnet hampir sama seperti SSH yaitu protokol yang digunakan untuk me-remote router maupun server dengan antarmuka baris perintah, namun yg membedakan antara Telnet dengan SSH adalah koneksi menggunakan Telnet bersifat tidak aman karena koneksi yang terbangung tidak di enskripsi.

4. Port 25

Pada sebuah jaringan komputer port 25 memiliki peran yang sangat penting, karena port 25 merupakan port default yang digunakan oleh SMTP (Simple Mail Transfer Protocol), SMTP adalah protokol yang digunakan untuk mengirimkan pesan elektronik atau e-mail antar server, pembahasan mengenai cara kerja SMTP dalam proses pengiriman email ke mail-server tujuan akan dibahas di artikel terpisah.

5. Port 110

Masih seputar elektronik mail atau email, port 110 adalah port yang digunakan oleh protokol POP3 (Post Office Protocol version 3), POP3 adalah sebuah protokol yang digunakan untuk mengakses surat elektronik (e-mail) dari server email. Protokol ini berkaitan erat dengan protokol SMTP dimana SMTP berfungsi sebagai protokol untuk mengirim email keluar (outgoing) sedangkan POP3 adalah kebalikan dari SMTP yaitu untuk mengambil email masuk dari server email dan di simpan di folder inbox (incoming).

6. Port 143

Port 143 digunakan oleh protokol IMAP atau Internet Message Access Protocol, IMAP adalah salah satu protokol yang digunakan untuk mengakses atau mengambil e-mail dari mail server, fungsi IMAP hampir sama dengan POP3 yaitu protokol yang berfungsi untuk mengakses e-mail dari mail server namun yang membedakan dari POP3 adalah semua e-mail yang masuk tidak akan di download langsung ke komputer lokal melainkan akan tetap disimpan di mail server.

7. Port 443

Port 443 digunakan oleh HTTPS (Hypertext Transfer Protokol Secure) adalah versi aman dari HTTP karena proses komunikasi menggunakan HTTPS sudah dilengkapi dengan protokol SSL (Secure Socket layer). 

8. Port 80

Port 80 adalah port default dari HTTP (Hypertext Transfer Protokol), port ini biasa digunakan oleh web-server agar suatu website atau layanan berbasis web bisa di akses melalui internet, yang membedakan dengan HTTPS adalah koneksi yang dibangun dengan HTTP tidak terenskripsi sehingga rentan terhadap penyadapan informasi.

9. Port 81

Port 81 adalah port alternative dari HTTP sehingga fungsi dan tingkat keamanan nya masih sama dengan port 80.

10. Port 53 

Port ini digunakan oleh service DNS (Domain Name System), pengertian DNS atau Domain Name System adalah sebuah sistem yang berfungsi menterjemahkan IP address ke nama domain maupun sebaliknya yaitu dari nama domain ke IP address. 

11. Port 445 

Port ini digunakan oleh service SMB (Server Message Block) yaitu sebuah protokol client/server yang ditujukan untuk melayani file sharing dalam sebuah jaringan komputer, protokol SMB biasanya digunakan didalam sistem operasi berbasis Windows dan berjalan pada port 445.

12. Port 3389

Adalah port default yang dipakai oleh Remote Desktop Protocol (RDP), protokol ini adalah salah satu fitur yang terdapat pada sistem operasi berbasis Windows seperti Windows XP, Windows Vista dan Windows Server 2003, Remote Desktop Protocol adalah sebuah koneksi yang memungkinkan user untuk melalukan remote terhadap suatu mesin berupa server dari jarak jauh, secara default RDP berjalan di TCP port 3389.

13. Port 5900 

Port 5900 adalah port default yang dipakai oleh software VNC (Virtual Network Computing), sama seperti RDP software VNC adalah software yang berfungsi untuk melakukan remote dekstop jarak jauh, yang membedakan dengan RDP adalah software ini berjalan pada port 5900.

14. Port 3306

Adalah port default yang dipakai oleh MySQL, MySQL sendiri adalah sebuah software yang dipakai oleh programmer untuk keperluan sistem manajemen basis data SQL.


Itulah jenis-jenis port umum pada jaringan komputer yang sobat harus ketahui apabila ingin mendalami ilmu Networking, mohon maaf apabila ada kesalah penulisan ataupun bahasa yang kurang dimengerti, apabila ada pertanyaan silahkan tinggalkan di kolom komentar, semoga bermanfaat.

0 komentar