5 Hal Dasar Yang Harus Diketahui Sebelum Belajar Jaringan


5 Hal Dasar Yang Harus Diketahui Sebelum Belajar Jaringan

Sebelum belajar jaringan komputer ada beberapa hal yang harus di ketahui dan dipelajari selain topology, kita sepakat bahwa topology jaringan komputer adalah salah satu inti dari jaringan komputer itu sendiri, karena dengan mempelajari topology kita akan tahu bagaimana sebuah komputer dengan komputer lain nya saling terhubung.

Tapi tahukah sobat bahwa ada hal lain yang sebenarnya jauh lebih penting dipelajari dalam sebuah jaringan selain topology ? kenapa saya katakan lebih penting ? karena tanpa adanya 5 unsur ini maka topology jaringan tidak akan terbentuk, dan komputer satu dengan yang lain nya tidak akan saling terhubung.

Berikut adalah 5 Hal Dasar Yang Harus Diketahui Sebelum Belajar Jaringan

1. Media Transmisi


Media transmisi adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer baik skala kecil (LAN) maupun skala besar (WAN), media transmisi ini sangat penting karena tanpa adanya media transmisi maka mustahil sebuah jaringan bisa dibangun, media transmisi yang ada saat ini yaitu kabel dan nirkabel (wireless). Jenis-jenis kabel yang sering digunakan untuk membangun sebuah jaringan yaitu kabel UTP, STP, Coaxial dan Fiber Optic, sedangkan perangkat wireless yang digunakan biasa nya berupa radio wireless frequency 2.4Ghz dan frequency 5Ghz lengkap dengan antena grid.

2. Network Interface Card (NIC)


Network Interface Card (NIC) atau biasa di sebut kartu jaringan, adalah interface fisik yang harus ada agar komputer bisa terhubung ke jaringan, selain komputer PC/Laptop perangkat jaringan yang lain seperti HUB, Switch dan Router juga memiliki NIC agar bisa saling terhubung. Ada beberapa hal yang harus di perhatikan yaitu kecepatan dari interface card tersebut dan jenis port.
  • Kecepatan setiap interface card tentunya berbeda, untuk interface card yang umum digunakan di komputer PC biasa nya hanya mempunyai kecepatan 100Mbps, ada juga jenis interface card yang memiliki kecepatan 1000Mbps.
  • Port pada NIC tentunya berbeda - beda tergantung dari jenis kabel yang digunakan, untuk komputer PC/Laptop biasa nya dilengkapi NIC dengan port konektor RJ45, modem ADSL menggunakan port konektor RJ11 ada juga yang menggunakan port konektor BNC untuk kabel jenis coaxial, sedangkan router biasa nya menggunakan konektor RJ45, namun pada beberapa jenis router kelas high end biasanya dilengkapi dengan port SPF untuk konektor Fiber Optic.

3. Network Operating System (NOS)


Network Operating System atau Sistem Operasi Jaringan adalah sebuah sistem operasi yang digunakan untuk menangani service pada jaringan. Biasanya, dalam sebuah network operating system terdapat service atau layanan yang ditujukan untuk melayani request dari user seperti DNS Server, FTP dan lain-lain.

Fungsi dari Network Operating System :
  • Menghubungkan setiap komputer kedalam jaringan agar bisa saling berkomunikasi
  • Menangani service seperti DNS Server, Mail Server
  • Management bandwidth untuk user dalam jaringan
  • Berfungsi sebagai filtering untuk membatasi dan mengelola setiap lalu lintas dalam jaringan

Yang termasuk kedalam Network Operating System yaitu Mikrotik RouterOS, Cisco IOS, Linux (biasa digunakan untuk server) varian Windows NT Server family (Windows Server 2000 & 2003), Windows Client (XP, Vista, Windows 7, 8, 10) Novel NetWare dan lain-lain.

4. Jenis - Jenis Perangkat Jaringan


Perangkat jaringan adalah perangkat (device) yang digunakan dalam sebuah jaringan seperti HUB, Switch dan Router, ketiga perangkat tersebut bekerja di OSI Layer berbeda sehingga mempunyai kemampuan yang berbeda pula, sedangkan perangkat jaringan lain nya seperti, Wireless Repeater, Access Point, Wireless Router dan Modem, untuk pembahasan masing-masing perangkat jaringan akan saya bahas di artikel berikutnya agar lebih details.

5. Protokol Jaringan


Protokol Jaringan adalah rule atau aturan yg di pakai dalam sebuah jaringan untuk mengatur lalu lintas data dan mengatur bagaimana setiap perangkat jaringan saling berkomunikasi satu sama lain. Protokol jaringan yang umum digunakan yaitu Communication Protocol (protokol komunikasi), Transport Protocol (protokol transport) dan Application Protocol (protokol aplikasi).

Contoh Communication Protocol, Transport Protocol & Application Protocol :
  • Contoh communication protocol adalah IP (Internet Protocol)
  • Contoh transport protocol adalah TCP (Transmission Control Protocol) dan UDP (User Datagram Protokol)
  • Contoh Applications protocol adalah FTP (File Transfer Protocol), HTTP (Hypertext Transfer Protocol) , HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) dan lain-lain.

Harapan saya dengan memahami basic networking seperti yang sudah saya bahas di artikel ini semoga akan mempermudah sobat dalam mempelajari ilmu jaringan komputer, karena 5 hal ini adalah pengetahuan paling dasar yang harus sobat ketahui sebelum belejar lebih jauh lagi, di artikel berikut nya saya akan membahas mengenai jenis-jenis perangkat jaringan dan tentu nya OSI Layer 7 yang akan saya bahas lebih details, semoga bermanfaat.


Image source : http://specavtomatika.by/uslugi-zavoda-spetsavtomatika/lokalnye-seti.html
Advertisement
 

Start typing and press Enter to search